Wednesday, December 9, 2009

Cara instal PHP-Fusion Versi 7.00.05

Bagi anda yang ingin melakukan proses intallation PHP-Fusion Versi 7 Silahkan ikuti cara-cara dibawah ini. hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload Core PHP-Fusion, versi terbaru adalah versi 7.00.05 yang boleh di download di http://php-fusion.co.uk/downloads.php



Setelah anda mendownloadnya, extract file tersebut anda akan melihat struktur direktori seperti gambar dibawah ini.



Pada gambar diatas terdapat 2 buah direktori yaitu files dan upgrade v601x, yang perlu anda upload ke Webhosting adalah seluruh isi dari direktori files, untuk meng-uploadnya anda bolehla menggunakan filezilla (FTP) yang telah saya nyatakan sebelum ini.

Setelah anda selesai meng-upload seluruh file yang ada di direktori files anda harus rename file _config.php menjadi config.php setelah itu lakukan perubahan akses (Permission) pada direktori dan files berikut ini.

· administration/db_backups
· images/
· images/list.js
· images/articles/
· images/avatars/
· images/news/
· images/news_cats/
· images/photoalbum/
· images/photoalbum/submissions/
· forum/attachments
· config.php

Set permissionnya menjadi 777 . Setelah anda berhasil melakukan merubah permission, buatlah database pada webhosting anda, sebaiknya gunakan menu PHPMyAdmin. ingat anda hanya perlu membuat nama database. pada contoh kali ini saya sudah membuat nama database dengan nama xyb_v7

Lalu aktifkan browser, dan masukkan url website anda karna kita akan memulai proses installation php-fusion v7. gambar dibawah inilah yang memperlihatkan installation php-fusion versi 7.



Untuk tampilan pertama kali ini anda hanya cukup klik next, karna memang tidak ada pilihan lain selain klik menu tersebut, default pilhan bahasa yang di sediakan adalah bahasa Inggeris.

Setelah anda klik next, maka tahap selanjutnya adalah membuat semakan Permission yang telah anda lakukan pada tahap sebelumnya, masih ingatkah langkah awal ketika anda merubah akses menjadi 777 ? pada tahap ke-2 ini php-fusion melakukan semakan terhadap direktori tersebut, apakah sudah dilakukan dengan benar atau blm. jika semua sudah benar dan php-fusion tidak menampilkan kesalahan, maka anda boleh meneruskan proses installation dengan klik Next.



Tahap selanjutnya yaitu konfigurasi database seperti gambar dibawah ini, apakah yang harus di isi.

Database Hostname : di isi dengan nama hostname hosting anda.
Database Username : di isi dengan nama Username database di tempat anda hosting.
Database Password : ingat password ini adalah bukanlah password login untuk member. melaikan password yang telah anda buat untuk login ke database (password ketika anda login ke PHPMyAdmin)
Database Name : Nama database yang tadi telah anda buat. pada tulisan ini saya telah membuat database dengan nama xyb_v7
Tabel Prefix : Kotak yang ini jangan di ubah, biarkan ianya fusion_



Di bawah ini adalah contoh konfigurasi database yang saya lakukan.



Setelah anda mengisi konfigurasi yang betul, teruskan dengan klik Next dan php-fusion akan menampilkan hasil konfigurasi database yang telah anda lakukan apakah terdapat kesalahan atau tidak. Dibawah ini adalah contoh konfigurasi yang baru saja saya lakukan, dan ternyata berjaya :D



Setelah konfigurasi database selesai tahap selanjutnya yaitu konfigurasi Super administrator seperti gambar dibawah ini.



Bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia php-fusion pasti ada sedikit kejanggalan, yaitu ada 2 buat input password yaitu Login Password & Admin Password. Pada php-fusion versi 7 ini ternyata devleoper php-fusion sudah menambahkan system security yang mantap, untuk melakukan administrasi seperti backup database, mengganti/menambah panel dsb, anda memerlukan Admin Password ini.


Username : Nama user yang akan menjadi Super Administrator

Login Password : Password untuk login user Super Adminsitrator tersebut

Repeat Login Passwoard : Yang ini tidak perlu saya jelaskan lagi kan :p

Admin Password : Password untuk melakukan administrasi pada Admin Panel (Passwordnya harus berbeza dengan Login Password)

Repeat Admin Password :ulangla beb...

Email Address : Email Pemilik Anda.

Di bawah ini adalah contoh pengisisan data Super Admin yang saya lakukan.



Setelah anda klik Next, Setup is complete dan anda di minta untuk delete file setup.php pada webhosting anda, dan mengganti permission file config.php menjadi 644 seperti gambar dibawah ini.



Setelah anda klik Finish maka selamat, website dengan CMS PHP-Fusion Versi 7 telah berhasil anda install seperti gambar dibawah ini. ia jangan lupa untuk menghapus file setup.php dan merubah permission file config.php menjadi 644 ok.



Special thanks for all staff & member http://php-fusion.co.uk